Jumat, 29 Maret 2019

Resume Tugas Mandiri Jaringan Komputer Pertemuan 3

Pada Blog kali ini saya akan membahas tentang penjelasan Repeater, Bridge, dan Network Interface Card` (NIC). mari kita bahas satu per satu mengenai hal yang akan kita bahas pada blog saat ini.

1. Pengertian Repeater.
Repeater diambil dari Bahasa Inggris yang berarti repeat atau perulangan dan di dalam Bahasa jaringan komputer disebut pengulangan transfer data singal dan menghasilkan kecepatan transfer data yang sangat maksimal. Repeat sangat berguna untuk daerah atau wilayah yang memiliki akses jaringan yang lemah.

Berikut Fungsi dari Repeater :

1. Memperluas jaringan sinyal internet.

Repeater mampu meningkatkan jaringan internet sehingga menghasilkan koneksi yang luas dan daya jangkauan sinyalnya, maka dari  itu repeater sangat berguna pada wilayah yang memiliki akses internet yang lemah.

2. Menstabilkan sinyal wifi.

Repeater berfungsi untuk mengoptimalkan sinyal wifi dengan menggunakan metode perulangan transfer data, agar data dapat menangkap dan menambah sinyal ke jaringan telah dipasangkan repeater.

3. Cepat dalam menerima data.

Repeater mampu meningkatkan pengiriman maupun penerimaan data pada jaringan internet.




2.Pengertian Bridge.
Bridge merupakan perangkat yang menghubungkan jaringan komputer LAN(Local Area Network) dengan jaringan local lain. Kelebihan dari Bridge adalah dapat menghubungkan tipe komputer yang berbeda sepertI Enthernet dan Fast Enthernet.

Bridge dapat menghubungkan jaringan komputer dengan metode transmisi/medium access control yang berbeda. Selain itu Bridge dapat mempelajari alamat link yang perangkatnya telah terhubung.

Berikut Fungsi dari Bridge :

1. Dapat menghubungkan 2 jaringan LAN yang sejenis.
2. Dapat terhubung pada jaringan komputer yang terpisah.
3. Bridge juga bisa berfungsi sebagai router pada jaringan yang luas(Bridge Router).






3.  PENGERTIAN NETWORK INTERFACE CARD (NIC)
NETWORK INTERFACE CARD(NIC)/LAN Card adalah perangkat yang menghubungkan antar komputer. Pada umumnya Kartu jaringan masih berjenis kartu Internal, yaitu kartu jaringan dipasang pada slot ekspansi di dalam komputer.

Berikut Fungsi NETWORK INTERFACE CARD(NIC) :
1. Peranti untuk menyambungkan antara kabel jaringan dengan komputer.
2. Peranti menyediakan Kartu Jaringan memiliki kode tertentu yang unik.







Sumber Referensi :









0 komentar:

Posting Komentar